Keputusan (Decision) | Tipologi dan Metode Pengambilan Keputusan (Making Decision)
1. Tipe Keputusan
a. Keputusan terprogram (programmed
decision)
Keputusan terprogram
merupakan keputusan yang terstuktur atau yang muncul berulang-ulang atau
keduannya. Karena keputusan tersebut muncul berulang-ulang, organisasi biasanya
mempunyai aturan, kebijakan, dan prosedur yang dipakai untuk memberi arahan
bagaimana keputusan tersebut dibuat.
b. Keputusan tidak terprogram (nonprogrammed
decision)
Keputusan tidak
terprogram merupakan keputusan yang tidak terstruktur, jarang muncul, atau
keduanya. Keputusan tersebut berasal dari masalah yang luar biasa atau tidak
biasa muncul. Karena tidak terstruktur dan jarang muncul, tidak ada pedoman
yang cukup terperinci untuk menangani masalah tersebut.
2. Metode Pengambilan Keputusan
a.
Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif
menggunakan data angka (kuantitatif) untuk memperkirakan kondisi masa
mendatang. Ada dua jenis metode kuantitatif: 1) time series yaitu metode
yang dikerjakan dengan mengurutkan daa berdasarkan urutan waktu, kemudian
memperkirakan kondisi mendatang. 2) causal
forecasting (sebab akibat) yaitu faktor-faktor di luar sistem
diasumsikan memengaruhi variabel yang
kita amati.
b.
Metode Kualitatif
Metode kualitatif
menggunakan pertimbangan serta pengetahuan dan pengalaman individu atau
kelompok, bukannya menggunakan analisis matematika dan statistik yang canggih.
Ada beberapa jenis metode pengambilan keputusan:
1) Metode pendapat kelompok eksekutif (jury of executive opinion
method)
Dalam metode ini,
manajer dikumpulkan dan dimintai pendapatnya mengenai penjualan di masa
mendatang.
2) Metode delphi
Metode menggunakan
konsensus dari para ahli (pakar) yang memberikan kontribusi secara individual.
3) sales-force-composition
Dalam metode ini,
salesman melakukan kontak langsung dengan konsumen dan dapat menggunakan kontak
tersebut sebagai dasar prediksi penjualan di masa mendatang.
4) Analisis multikriteria atau analisis multiatribut
Analisis ini ditunjukan
untuk mencegah kecenderungan manusia yang memfokuskan pada satu alternatif saja
yang paling menarik dan melupakan atribut lainnya yang penting.
Sumber
referensi :
BMP
Manajemen;1-2/EKMA4116/4sks/Mamduh Hanafi, cet.12;Ed.2.
Materi
Inisiasi 4; PENGAMBIL KEPUTUSAN DAN ALAT
PERENCANAAN. Desy Tri A
0 komentar:
Posting Komentar