Etika Bisnis, Tanggung Jawab, dan Organisasi di era Globalisasi
1.
Etika Bisnis melibatkan
pertanyaan baik tidaknya sesuatu. Dalam kaitannya dengan organisasi, etika
bisnis mempertanyakan baik tidaknya suatu keputusan yang diambil organisasi
dalam kaitannya dengan pihak lain yang berkaitan. Etika bisnis dipengaruhi oleh
beberapa faktor seperti keluarga, situasi, nilai moral dan agama, pengalaman
serta teman.
dalam
penerapannya, etika bisnis dalam organisasi muncul dari hubungan organisasi
dengan pihak ekternal dan internal. Ada tiga macam wilayah etika dalam organisasi
yaitu (1)hubungan organisasi dengan karyawan; (2) hubungan karyawan dengan
organisasi; (3) hubungan organisasi dengan pihak luar.
Tanggung
Jawab dalam organisasi merupakan
pelaksanaan tuntutan etika yang dilakukan organisasi untuk memenuhi tuntutan
lingkungannya. Tanggung jawab organisasi dapat menggunakan beberapa pendekatan
yaitu penghindaran, kewajiban, respons dan kontribusi sosial. Manajemen
tanggung jawab organisasi mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian
kegiatan atau program sosial.
2. Dalam era globalisasi, sebuah organisasi harus merespon globalisasi
dengan sikap terbuka, bersedia membuka diri dan belajar dari negara lain, serta
selalu berusaha memperbaiki diri sehingga globalisasi bisa menjadi kesempatan
bagi sebuah organisasi.
Oleh
karena itu, globalisasi yang menjadikan jarak tempuh antar dunia menjadi sempit
dan cepat, mengharuskan sebuah organisasi membuat strategi yang efesien dan
efektif supaya dapat bersaing dalam kancah global. Sebagai contoh, organisasi
multinasional (multinational corporation atau MNC) yang merupakan
organisasi yang beroperasi di dua negara atau lebih, yang membuat struktur
organisasi MNC menjadi relevan dengan globalisasi. Karena perilaku manajernya
yang selalu berusaha mengoptimalkan sumber daya dunia (lintas batas negara) dan
karena prinsip kerjanya yang fleksibel atau input organisasi-nya sangat
mudah dipindah-pindahkan. Strategi
organisasi MNC dalam bersaing dalam kancah global dilakukan secara bertahap.
Pertama dengan melakukan ekspor, jika kondisinya sudah pasti maka organisasi
MNC bisa melangkah lebih lanjut, misalnya dengan mendirikan kantor penjualan,
cabang dan pabrik di negara lain supaya mendapatkan keuntungan secara lebih
optimal.
Sumber
referensi : BMP
Manajemen;1-2/EKMA4116/4sks/Mamduh Hanafi, cet.12;Ed.2.
0 komentar:
Posting Komentar