.

Search

Kamis, 27 Mei 2021

Etika Bisnis, Tanggung Jawab, dan Organisasi di era Globalisasi

Etika Bisnis, Tanggung Jawab, dan Organisasi di era Globalisasi

1. Etika Bisnis melibatkan pertanyaan baik tidaknya sesuatu. Dalam kaitannya dengan organisasi, etika bisnis mempertanyakan baik tidaknya suatu keputusan yang diambil organisasi dalam kaitannya dengan pihak lain yang berkaitan. Etika bisnis dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keluarga, situasi, nilai moral dan agama, pengalaman serta teman.

dalam penerapannya, etika bisnis dalam organisasi muncul dari hubungan organisasi dengan pihak ekternal dan internal. Ada tiga macam wilayah etika dalam organisasi yaitu (1)hubungan organisasi dengan karyawan; (2) hubungan karyawan dengan organisasi; (3) hubungan organisasi dengan pihak luar.

Tanggung Jawab dalam organisasi merupakan pelaksanaan tuntutan etika yang dilakukan organisasi untuk memenuhi tuntutan lingkungannya. Tanggung jawab organisasi dapat menggunakan beberapa pendekatan yaitu penghindaran, kewajiban, respons dan kontribusi sosial. Manajemen tanggung jawab organisasi mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan atau program sosial.


2. Dalam era globalisasi, sebuah organisasi harus merespon globalisasi dengan sikap terbuka, bersedia membuka diri dan belajar dari negara lain, serta selalu berusaha memperbaiki diri sehingga globalisasi bisa menjadi  kesempatan  bagi sebuah organisasi.

Oleh karena itu, globalisasi yang menjadikan jarak tempuh antar dunia menjadi sempit dan cepat, mengharuskan sebuah organisasi membuat strategi yang efesien dan efektif supaya dapat bersaing dalam kancah global. Sebagai contoh, organisasi multinasional (multinational corporation atau MNC) yang merupakan organisasi yang beroperasi di dua negara atau lebih, yang membuat struktur organisasi MNC menjadi relevan dengan globalisasi. Karena perilaku manajernya yang selalu berusaha mengoptimalkan sumber daya dunia (lintas batas negara) dan karena prinsip kerjanya yang fleksibel atau input organisasi-nya sangat mudah dipindah-pindahkan.  Strategi organisasi MNC dalam bersaing dalam kancah global dilakukan secara bertahap. Pertama dengan melakukan ekspor, jika kondisinya sudah pasti maka organisasi MNC bisa melangkah lebih lanjut, misalnya dengan mendirikan kantor penjualan, cabang dan pabrik di negara lain supaya mendapatkan keuntungan secara lebih optimal.


Sumber referensi : BMP Manajemen;1-2/EKMA4116/4sks/Mamduh Hanafi, cet.12;Ed.2.

 

0 komentar:

Posting Komentar