.

Search

Jumat, 07 April 2017

Persamaan & Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi



  Ok kali ini Admin mau membahas tentang persamaan dan perbedaan Akulturasi dan Asimilasi.
Di Jaman yang semakin modern ini, kita sebagai  makhluk sosial pastilah kita membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. 

   Semakin lama jumlah manusia semakin banyak dan berkelompok-kelompok sehingga setiap kelompok memiliki bahasa dan budaya yang berbeda-beda, sehingga semakin lama budaya akan bercampur dengan budaya yang lain sehingga menimbulkan budaya yang baru. ini yang dinamakan Akulturasi dan Asimilasi, Jadi bedanya apa ?
  Ini adalah pengertian Akulturasi dan Asimilasi 
   Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. 
  Contoh akulturasi: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. 
   Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.
Hasil dari proses asimilasi yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antarindividu dalam suatu kelompok, atau bisa juga batas-batas antarkelompok. Selanjutnya, individu melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama. Artinya, menyesuaikan kemauannya dengan kemauan kelompok. Demikian pula antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain.
Asimilasi dapat terbentuk apabila terdapat tiga persyaratan berikut:
  • Terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda
  • Terjadi pergaulan antarindividu atau kelompok secara intensif dan dalam waktu yang relatif lama
  • Kebudayaan masing-masing kelompok tersebut saling berubah dan menyesuaikan diri

   Jadi persamaanya adalah pergabungan dua budaya yang berbeda menjadi sebuah kebudayaan yang baru. Sedangkan perbedaanya adalah Akulturasi tidak menghilangkan budaya asli dan Asimilasi menghilangkan budaya asli.
  Mungkin sekian post yang bisa admin bagikan semoga bermanfaat....

1 komentar: